RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SEKOLAH : SMK N 1 Padang
Gelugur
MATA
PELAJARAN : Kesekretarisan
KELAS
/ SEMESTER : X / Genap
TAHUN
AJARAN : 2015 – 2016
ALOKASI
WAKTU :1 X 20 menit
JURUSAN
:
Administrasi Perkantoran
I.
STANDAR KOMPETENSI :
Berkomunikasi melalui telpon (IBSADMCMN06A)
II.
KOMPETENSI DASAR : Respon untuk panggilan telepon masuk
III.
INDIKATOR :
a.
Panggilan
dijawab secara cepat, tepat, jelas dan sopan sesuai dengan standar perusahaan.
b.
Bantuan
ditawarkan kepada penelepon secara bersahabat dan tujuan panggilan tertentu
secara cepat.
c.
Uraian
panggilan telepon di-ulang secara rinci untuk mem-perkuat pengertian.
d.
Pertanyaan
keterangan pene-lepon dijawab atau ditransfer secara tepat kepada orang yang
dituju.
.
IV.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
a.
Siswa
mampu menerapkan tugas dan tanggung jawab sebagai petugas telepon.
b.
Siswa
mampu mengoperasikan berbagai peralatan telepon secara benar.
c.
Siswa
mampu menangani panggilan telepon (telepon masuk)
V.
MATERI PEMBELAJARAN :
a.
Sopan
dan ramah dalam melayani pembicaraan melalui telepon.
b.
Tanggap
dalam memberikan bantuan yang di-butuhkan oleh penelepon.
c.
Cepat
dan akurat dalam menyampaikan pesan.
d.
Tenang
dan cepat dalam menangani panggilan yang bernada mengancam dan mencurigakan.
e.
Memahami
cara menyampaikan informasi secara singkat, padat, dan jelas.
f.
Memahami
tugas dan tanggung jawab sebagai petugas telepon.
g.
Memahami
sistem operasi peralatan telepon.
h.
Menjelaskan
langkah-langkah menerima pesan.
i.
Menjelaskan
teknik menyampaikan pesan.
VI.
PENDEKATAN
Kontekstual
VII.
METODE :
Ceramah, Tanya Jawab dan Diskusi Kelompok.
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami cara menjawab
panggilan secara cepat, tepat, jelas dan sopan sesuai dengan standar
perusahaan.
|
·
Melakukan praktek menelpon secara cepat, tepat, jelas dan sopan sesuai dengan standar
perusahaan .
|
·
Siswa dapat Mendeskipsikan dan mengidentifikasi cara menjawab
panggilan secara cepat, tepat, jelas dan sopan sesuai dengan standar
perusahaan .
|
VIII.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a.
Pendahuluan : Motivasi
b.
Kegiatan Inti : Ceramah,
Praktik, Tanya Jawab
c.
Kegiata Penutup : Latihan, Pemberian
Tugas
IX.
SUMBER DAN ALAT BELAJAR :
Buku Teks dan Buku Referensi, Alat Telpon, Blangko LPT,
Pena, Dll.
X.
PENILAIAN
a.
Teknik
: Tes lisan, Tes
tertulis, Pengamatan, Penugasan /demonstrasi.
b.
Bentuk
Instrumen : Pilihan Ganda, Essay
Mengetahui,
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengingatkan dan mengembangkan
pengetahuan siswa tentang telepon, pengetahuan siswa dipancing dengan
memberikan pertanyaan berupa alat apa yang di gunakan orang untuk menyampaikan
informasi kepada instansi atau orang yang ditujunnya dengan baik dan formal.
Maka dari pertanyaan tersebut siswa bisa tahu tentang apa itu telepon,
pengertian telepon, dan apa fungsi dari telepon itu sendiri. Selanjutnya guru menanyai kepada
siswa bahwa telepon itu bisa digunakan untuk menyampaikan suatu informasi dari suatu instansi kepada
instansi lain secara cepat dan tepat. Kemudian guru mempersilakan siswa untuk mempraktekkan
bagaimanana cara menelepon yang baik dan benar. Dan Selama kegiatan tersebut, guru memberitahu
siswa untuk memperhatikan dan mencatat apa saja hal-hal yang dirasa kurang
tepat dan kemudian menyempurnakannya.
b.
Motivasi
Telepon adalah salah satu sarana dalam
penyampaian berita atau informasi dari jarak jauh maupun dekat dengan menggunakan alat komunikasi berupa telepon.
Dalam penyampaian suatu informasi, akan terlihat sikap seseorang dalam cara,
sikap, tutur kata dan bahasa yang digunakan oleh orang yang melakukan panggilan
telepon.
2.
Kegiatan Inti
· Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian Telepon dan cara
menjawab telepon secara tepat, cepat, dan benar..(
nilai yang ditanamkan: Paham, bisa, Berani, Mampu menggunakan telepon dengan
baik dan benar).
·
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.
Siswa dikelompokkan menjadi lima
kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan
dengan jumlah siswa).(nilai yang
ditanamkan: Paham, bisa, Berani, Mampu menggunakan telepon dengan
baik dan benar).
b.
Kelompok pertama diberi tugas untuk
mengidentifikasi alat-alat yang bisa digunakan untuk menyampaikan informasi. (nilai yang ditanamkan: Paham,
bisa, Berani, Mampu Paham, bisa, Berani, Mampu menggunakan telepon dengan baik
dan benar).
c.
Kelompok
kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian telepon. (nilai yang ditanamkan:
Paham, bisa, Berani, Mampu Paham, bisa, Berani, Mampu menggunakan telepon
dengan baik dan benar).
d.
Kelompok
ketiga diberi tugas untuk mendeskripsikan sikap dan cara menelepon yang baik.(nilai yang ditanamkan:
Paham, bisa, Berani, Mampu Paham, bisa, Berani, Mampu menggunakan telepon
dengan baik dan benar).
e.
Kelompok
keempat diberi tugas untuk mengidentifikasi kata-kata yang baik digunakan dalam
menelepon. (nilai
yang ditanamkan: Paham, bisa, Berani, Mampu Paham,
bisa, Berani, Mampu menggunakan telepon dengan baik dan benar).
f.
Kelompok
kelima diberi tugas untuk mendeskripsikan dan membuat skenario bertelepon yang
baik dan benar. (nilai
yang ditanamkan: Paham, bisa, Berani, Mampu Paham,
bisa, Berani, Mampu menggunakan telepon dengan baik dan benar).
g.
Masing-masing
kelompok mempraktekkan cara bertelepon yang baik dan benar di depan kelas,
sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai
yang ditanamkan: Paham, bisa, Berani, Mampu Paham,
bisa, Berani, Mampu menggunakan telepon dengan baik dan benar).
h.
Dengan
bimbingan guru, siswa dapat membuat kesimpulan.(nilai
yang ditanamkan: Paham Paham, bisa, Berani, Mampu
menggunakan telepon dengan baik dan benar).
· Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a.
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa dan yang kurang dipahami
(kurang jelas). (nilai
yang ditanamkan: Paham, bisa, Berani, Mampu
menggunakan telepon dengan baik dan benar).
b.
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Paham, bisa, Berani, Mampu menggunakan telepon dengan baik dan benar).
3. Kegiatan Akhir
i.
Guru dan siswa melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan:
Paham, bisa, Berani, Mampu menggunakan telepon dengan baik dan benar).
j.
Penilaian. (nilai yang ditanamkan: Paham, bisa, Berani, Mampu
menggunakan telepon dengan baik dan benar).
·
Tes lisan dengan beberapa pertanyaan
(kognitif), pemahaman tentang telepon.
·
Lembar pengamatan (afektif), sikap siswa
dalam praktek dan diskusi.
·
Lembar pengamatan (psiko motorik),
keterampilan siswa dalam dalam menjawab dan menanggapi telepon secara baik dan
benar.
k.
Siswa melakukan praktek menelepon secara
baik dan benar sesuai dengan standar perusahaan. (nilai yang ditanamkan: Paham, bisa, Berani, Mampu
menggunakan telepon dengan baik dan benar).
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Ramsul
Ikhlas
|
,
Oktober 2015
Mahasiswa
Pendidikan Ekonomi
Ilsa
Nurrahmi Yusu (1307039)
|
Selamat membaca,dan semoga tulisan yang ada dalam blog ini bermanfaat.
BalasHapus