RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH                             : SMK N 1 Padang Gelugur
MATA PELAJARAN            :  Kesekretarisan
KELAS / SEMESTER           : X / Genap
TAHUN AJARAN                 : 2015 – 2016
ALOKASI WAKTU              :1 X 20 menit
JURUSAN                              : Administrasi Perkantoran

I. STANDAR KOMPETENSI           : Berkomunikasi melalui telpon (IBSADMCMN06A)
II. KOMPETENSI DASAR             : Respon untuk panggilan telepon masuk
III. INDIKATOR :
a.       Panggilan dijawab secara cepat, tepat, jelas dan sopan sesuai dengan standar perusahaan.
b.      Bantuan ditawarkan kepada penelepon secara bersahabat dan tujuan panggilan tertentu secara cepat.
c.       Uraian panggilan telepon di-ulang secara rinci untuk mem-perkuat pengertian.
d.      Pertanyaan keterangan pene-lepon dijawab atau ditransfer secara tepat kepada orang yang dituju.
.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
a.       Siswa mampu menerapkan tugas dan tanggung jawab sebagai petugas telepon.
b.      Siswa mampu mengoperasikan berbagai peralatan telepon secara benar.
c.       Siswa mampu menangani panggilan telepon (telepon masuk)

V. MATERI PEMBELAJARAN :
a.       Sopan dan ramah dalam melayani pembicaraan melalui telepon.
b.      Tanggap dalam memberikan bantuan yang di-butuhkan oleh penelepon.
c.       Cepat dan akurat dalam menyampaikan pesan.
d.      Tenang dan cepat dalam menangani panggilan yang bernada mengancam dan mencurigakan.
e.       Memahami cara menyampaikan informasi secara singkat, padat, dan jelas.
f.       Memahami tugas dan tanggung jawab sebagai petugas telepon.
g.      Memahami sistem operasi peralatan telepon.
h.      Menjelaskan langkah-langkah menerima pesan.
i.        Menjelaskan teknik menyampaikan pesan.

VI. PENDEKATAN
            Kontekstual
VII. METODE :
Ceramah, Tanya Jawab dan Diskusi Kelompok.
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami cara menjawab panggilan secara cepat, tepat, jelas dan sopan sesuai dengan standar perusahaan.
·        Melakukan praktek menelpon secara cepat, tepat, jelas dan sopan sesuai dengan standar perusahaan .
·        Siswa dapat Mendeskipsikan dan mengidentifikasi cara menjawab panggilan secara cepat, tepat, jelas dan sopan sesuai dengan standar perusahaan .


VIII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Pendahuluan            : Motivasi
b. Kegiatan Inti           : Ceramah, Praktik, Tanya Jawab
c. Kegiata Penutup      : Latihan, Pemberian Tugas

IX. SUMBER DAN ALAT BELAJAR :
Buku Teks dan Buku Referensi, Alat Telpon, Blangko LPT, Pena, Dll.


X. PENILAIAN
a.       Teknik                         : Tes lisan, Tes tertulis, Pengamatan, Penugasan /demonstrasi.
b.      Bentuk Instrumen       : Pilihan Ganda, Essay Mengetahui,

XI. SKENARIO PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengingatkan dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang telepon, pengetahuan siswa dipancing dengan memberikan pertanyaan berupa alat apa yang di gunakan orang untuk menyampaikan informasi kepada instansi atau orang yang ditujunnya dengan baik dan formal. Maka dari pertanyaan tersebut siswa bisa tahu tentang apa itu telepon, pengertian telepon, dan apa fungsi dari telepon  itu sendiri. Selanjutnya guru menanyai kepada siswa bahwa telepon itu bisa digunakan untuk menyampaikan  suatu informasi dari suatu instansi kepada instansi lain secara cepat dan tepat. Kemudian guru mempersilakan siswa untuk mempraktekkan bagaimanana cara menelepon yang baik dan benar. Dan  Selama kegiatan tersebut, guru memberitahu siswa untuk memperhatikan dan mencatat apa saja hal-hal yang dirasa kurang tepat dan kemudian menyempurnakannya.
b. Motivasi
Telepon adalah salah satu sarana dalam penyampaian berita atau informasi dari jarak jauh maupun dekat dengan  menggunakan alat komunikasi berupa telepon. Dalam penyampaian suatu informasi, akan terlihat sikap seseorang dalam cara, sikap, tutur kata dan bahasa yang digunakan oleh orang yang melakukan panggilan telepon.
2. Kegiatan Inti
·      Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.    Siswa dapat mendeskripsikan pengertian Telepon dan cara menjawab telepon secara tepat, cepat, dan benar..( nilai yang ditanamkan: Paham, bisa, Berani, Mampu menggunakan telepon dengan baik dan benar).

·         Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.       Siswa dikelompokkan menjadi lima kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Paham, bisa, Berani, Mampu menggunakan telepon dengan baik dan benar).
b.      Kelompok pertama diberi tugas untuk mengidentifikasi alat-alat yang bisa digunakan untuk menyampaikan informasi. (nilai yang ditanamkan: Paham, bisa, Berani, Mampu Paham, bisa, Berani, Mampu menggunakan telepon dengan baik dan benar).
c.       Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian telepon. (nilai yang ditanamkan: Paham, bisa, Berani, Mampu Paham, bisa, Berani, Mampu menggunakan telepon dengan baik dan benar).
d.      Kelompok ketiga diberi tugas untuk mendeskripsikan sikap dan cara menelepon yang baik.(nilai yang ditanamkan: Paham, bisa, Berani, Mampu Paham, bisa, Berani, Mampu menggunakan telepon dengan baik dan benar).
e.       Kelompok keempat diberi tugas untuk mengidentifikasi kata-kata yang baik digunakan dalam menelepon. (nilai yang ditanamkan: Paham, bisa, Berani, Mampu Paham, bisa, Berani, Mampu menggunakan telepon dengan baik dan benar).
f.       Kelompok kelima diberi tugas untuk mendeskripsikan dan membuat skenario bertelepon yang baik dan benar. (nilai yang ditanamkan: Paham, bisa, Berani, Mampu Paham, bisa, Berani, Mampu menggunakan telepon dengan baik dan benar).
g.      Masing-masing kelompok mempraktekkan cara bertelepon yang baik dan benar di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Paham, bisa, Berani, Mampu Paham, bisa, Berani, Mampu menggunakan telepon dengan baik dan benar).
h.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat membuat kesimpulan.(nilai yang ditanamkan: Paham Paham, bisa, Berani, Mampu menggunakan telepon dengan baik dan benar).

·      Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a.       Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa dan yang kurang dipahami (kurang jelas).  (nilai yang ditanamkan: Paham, bisa, Berani, Mampu menggunakan telepon dengan baik dan benar).
b.      Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Paham, bisa, Berani, Mampu menggunakan telepon dengan baik dan benar).

3. Kegiatan Akhir
i.        Guru dan siswa melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Paham, bisa, Berani, Mampu menggunakan telepon dengan baik dan benar).
j.        Penilaian. (nilai yang ditanamkan: Paham, bisa, Berani, Mampu menggunakan telepon dengan baik dan benar).
·         Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif), pemahaman tentang telepon.
·         Lembar pengamatan (afektif), sikap siswa dalam praktek dan diskusi.
·         Lembar pengamatan (psiko motorik), keterampilan siswa dalam dalam menjawab dan menanggapi telepon secara baik dan benar.
k.      Siswa melakukan praktek menelepon secara baik dan benar sesuai dengan standar perusahaan. (nilai yang ditanamkan: Paham, bisa, Berani, Mampu menggunakan telepon dengan baik dan benar).

Mengetahui,
Kepala Sekolah

Ramsul Ikhlas
, Oktober 2015
Mahasiswa Pendidikan Ekonomi

Ilsa Nurrahmi Yusu (1307039)


1 komentar:

  1. Selamat membaca,dan semoga tulisan yang ada dalam blog ini bermanfaat.

    BalasHapus